Keonigsegg Regera, Supercar Hybrid Paling Beringas Saat Ini

Posted by

Megacar tercepat dan paling beringas saat ini.


SB/MOBIL - Jika membicarakan mobil-mobil sport atau supercar maka Italia layak disebut sebagai tempat kelahirannya supercar legendaris. Sebut saja dua nama kesohor: Ferrari atau Lambhorgini.

Di samping dua nama beken tersebut masih ada Porsche dari Jerman, Aston Martin dan McLaren asal Inggris dan nama terkenal lain seperti Bugatti.

Namun yang satu ini agaknya masih terasa asing di telinga awam. Namanya terdengar seperti merk pasta atau… bahkan mesin potong rumput. Negara asalnya pun seperti bukan negara dengan tradisi otomatif yang mendunia.

Ya, itu dia Koenigsegg, pabrikan mobil sport yang berbasis di Ängelholm, Skåne County, Swedia yang getol membuat mobil-mobil sport berteknologi super canggih dengan harga yang…. rrruar biasa fantastis.

Perusahaan ini didirikan tahun 1994 di Swedia oleh Christian von Koenigsegg dengan misi utama menciptakan mobil super berkualitas dunia.

Tahun lalu mereka meluncurkan produk terbarunya dengan nama Koenigsegg Regera yang harganya tidak main-main. Satu Regera sebanding dengan delapan buah Ferrari 458 Italia!

Mobil ini diperkenalkan kepada publik bulan Maret 2015 dan tahun ini Regera mulai dikirim ke para pembelinya. Situs The Verge melaporkan harga Konigsegg Regera sekitar 2 juta dolar, tidak termasuk pajak dan hanya dibuat 80 unit.

Mengapa hanya ada 80 unit Regera? Perusahaan Koenigsegg beralasan jumlah itu sesuai dengan kapasitas produksi pabrik, selain bahwa “80” melambangkan prinsip dominasi, kendali, dan pencapaian pada Pythagorean Numerology.

Dan mengapa harganya begitu mahal, seperti tidak ada kompromi? “Kompromi adalah hal yang kami hindari bagaimanapun caranya. Raihan kami hanyalah untuk yang terbaik,” kata bos perusahaan itu, Christian von Koenigsegg, dalam sebuah pernyataan pers.

Lantas apa keistimewaan supercar buatan pabrik di negara Skandinavia itu? Ini dia rahasianya, Koenigsegg sukses menerapkan teknologi rasio 1 : 1 antara tenaga dan bobot (kg/hp) pada mobil buatannya.

Terobosan baru yang diciptakan Christian von Koenigsegg tersebut dinamakan Koenigsegg Direct Drive Transmission (KDD) yang sudah dipatenkan.

KDD menghilangkan transmisi pada mesin. Idenya adalah, mesin langsung menggerakkan as roda belakang tanpa dibantu oleh transmisi, tenaga ke as roda belakang disalurkan langsung tanpa gir bertingkat yang biasanya menghilangkan sebagian energi.

Jadi Regera hanya punya satu gir dengan fixed ratio layaknya sepeda fixie yang sempat booming beberapa tahun lalu. Maka Koenigsegg Regera tak punya girboks seperti mobil pada umumnya. Tak ada transmisi otomatis torque converter, dual clutch apalagi CVT.

Di dalam kabin Regera tidak ada tuas transmisi di sebelah pengemudi. Tidak ada perpindahan gigi, yang ada hanyalah penyaluran tenaga secara langsung dari mesin ke roda. Hanya saja Regera punya kopling hidraulis.

Tak berhenti sampai situ, tenaga Regera didoping lagi oleh tiga motor listrik buatan Rimac dan baterai 9,27 kWh, dan kesemuanya bisa membantu Regera mencapai kecepatan berapa pun yang dibutuhkan.

Ada tiga motor listrik di mobil ini, satu untuk masing-masing roda belakang dan satu lain di kruk as. Baterai 620 V pada Regera berkapasitas 9,27 kWh.

Propulsinya mencapai 700 tenaga kuda dengan torsi 900 Nm, berdampingan dengan mesin bensin 5.0 liter DOHC twin turbo V8 menghasilkan 1.100 tenaga kuda serta torsi 1.250 Nm.

Kolaborasi mesin twin turbo V8 berkapasitas 5.0 dengan motor listrik ini menyemburkan tenaga monster mencapai 1.500 HP, tak heran jika mudah saja Regera mencapai kecepatan 400 km/jam hanya dalam waktu 20 detik.

Sebuah rekor yang mengagumkan, mengingat Ferrari LaFerrari membutuhkan waktu 15 detik dan Porsche 918 membutuhkan waktu 23 detik hanya untuk mencapai kecepatan 300 km/jam.

Akselerasi 0-100 km/jam cukup 2,8 detik saja. Regera juga bisa melaju secara senyap karena tersedia mode berkendara sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Koenigsegg mengatakan bahwa Regera tidak ditujukan sebagai penakluk lintasan balap, melainkan lebih sebagai sebagai mobil sport mewah yang dilengkapi dengan kursi listrik, infotainment system dan penambahan peredam suara.

Pada eksterior, pintu sayap Regera bisa berputar arah vertikal 90 derajat untuk terbuka penuh serta spionnya melipat otomatis begitu pintu dalam proses terbuka oleh robot penggerak.

Regera memiliki colokan listrik (EV plug in) di bagian belakang, artinya baterai bisa diisi dari sumber listrik maupun dari putaran mesin bensin.

Dengan berat total 1628 kg, sudah termasuk bensin di tangki, oli, dan lain-lain, menjadikannya relatif ringan untuk sebuah mobil dengan baterai besar dan tiga motor listrik. Sasisnya menggunakan carbon fiber dengan cangkang aluminum.

Selain Regera, Koenigsegg juga memproduksi One:1 dan Agera RS. Perusahaan Koenigsegg memiliki 62 karyawan full-time ditambah para konsultan.

Demi segala kemewahan dan keunggulan teknologinya, tak heran jika anda harus keluar kocek sekitar 27 milyar untuk meminang si cantik Swedish nan demplon dan garang ini. (kbr)


Blog, Updated at: 23.02.00

0 komentar:

Posting Komentar