Daun Moringa atau Daun Kelor yang Banyak Sekali Manfaatnya Bagi Kesehatan

Posted by


KESEHATAN-Apa saja manfaat daun kelor yang punya nama keren moringa ini? Yuk kita simak ulasannya. Di dunia, moringa juga sering disebut sebagai pohon mukjizat. Namun apa sebenarnya moringa dan apa manfaatnya buat kesehatan manusia?

Moringa adalah salah satu tanaman penting di tempat asalnya, India, dan kini sudah tumbuh pula di Amerika Latin, Asia Tenggara, dan Afrika. Semua bagian pohon ini bisa dimakan, dari akar, batang, bunga, daun, biji, buah, sampai getahnya.

Moringa umumnya dikonsumsi dengan cara dimasak daun atau buahnya yang sudah masak. Kini, daun kelor yang kecil-kecil itu juga disajikan dalam bentuk dikeringkan atau dibuat bubuk, yang bisa ditambahkan pada minuman atau ditaburkan pada makanan.

Dilihat dari lensa nutrisi, daun kelor mengandung 27 persen protein dan mengandung semua jenis asam amino. Daun itu juga mengandung vitamin C yang tujuh kali lebih banyak dibanding jeruk, dan vitamin A empat kali lebih banyak dari wortel. Selain itu, kalsium yang terkandung dalam daun moringa empat kali lebih banyak dibanding produk-produk susu.

Moringa atau kelor juga mengandung lebih banyak nutrisi dibanding bayam dan banyak digunakan untuk mengatasi kondisi plethora, seperti kurang gizi, peradangan kronis, penyakit kardiovaskular, diabetes, gastrointestinal, masalah hepatorenal, dan memperbaiki daya tahan tubuh.

Carrie Waterman PhD dari National Institutes of Health Fogarty International Career Development Grant di Universitas California Davis, Amerika Serikat, selama lima tahun terakhir telah mempelajari kemungkinan efek anti-peradangan dari kelor. Penelitian tersebut telah membawa Waterman berkeliling dunia ke tempat-tempat yang banyak ditumbuhi moringa.

Dari hasil penelitian yang menggunakan hewan, tikus yang diberi makan moringa mengalami penurunan berat badan. Para peneliti pun berkesimpulan moringa baik untuk mengatasi obesitas, juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko sindrom metabolisme, sebuah kondisi yang bisa berkembang menjadi penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Meski masih dibutuhkan lebih banyak penelitian guna membuktikan keampuhan moringa untuk mengatasi peradangan, usaha awal sudah memberikan titik cerah. Kini, daun kelor juga sudah banyak digunakan di berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit. Sumber: Tempo


Blog, Updated at: 12.09.00

0 komentar:

Posting Komentar