Tak Mau Lagi Kecolongan Seperti Vaksin Palsu, BIN Kini Serius Menghadapi Pokemon

Posted by


JAKARTA 19/7-Badan Intelijen Negara atau BIN tengah kaji isu keamanan dalam permainan Pokemon Go. Game berbasis augmented reality yang pemainnya bisa mencari Pokemon di dunia nyata ini kerap dipertanyakan dalam hal keamanan.

Sebab, game itu meminta akses terhadap lokasi dan kamera sehingga dianggap bisa memata-matai wilayah tertentu. Dugaan tersebut beredar di media sosial. “Kami masih kaji untung ruginya apa,” kata Sutiyoso di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Baca juga: DPR: BIN Kecolongan, Tidak Terlihat Peran Intelijen Mendeteksi dan Ungkap Vaksin Palsu

Sutiyoso enggan berkomentar soal hasil kajian sementara yang sudah didapatkan oleh BIN. Dia mengaku baru akan mengungkapkan kajian itu apabila sudah ada hasil final.

Baca juga: Khawatir Langgar Hak Akses Terhadap Akun Pribadi Banyak yang Hapus Pokemon

“Kami kaji secara serius, sudah ada timnya,” tambah Sutiyoso.

Polda Metro Jaya: Jangan main Pokemon sambil Mengemudi, Berbahaya!
Sementara itu polisi mengimbau kepada masyarakat yang memainkan game “Pokemon Go” agar lebih mementingkan keselamatan daripada game tersebut. Pasalnya, dalam banyak kasus di luar negeri, pemain Pokemon Go terlibat kecelakaan lalu lintas atau membahayakan dirinya sendiri ketika sedang mengejar monster Pokemon.

“Jangan sampai kita asyik mengejar Pokemon, malah jadi petaka. Kita asyik main handphone di jalan, malah jadi bahaya buat diri sendiri. Kalau ada lubang, kendaraan, bersenggolan dengan pejalan lain, atau malah kita dicopet,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Kamis (14/7/2016).

Baca juga: Korban Berjatuhan, Ditemukan Lagi Dua Mayat Pemain Pokemon

Awi menjelaskan, dalam permainan tersebut, para pemainnya harus mengikuti petunjuk di peta untuk menangkap monster Pokemon. Tidak jarang para monster Pokemon tersebut ada di tengah jalan sehingga sangat membahayakan para pemainnya.

Selain itu, penyebab kecelakaan juga bisa dikarenakan para pemainnya mengemudikan kendaraan sambil bermain game tersebut.

Baca juga: Perampok Gunakan Pokemon Go untuk Pancing Korban

“Diimbau kepada masyarakat yang bermain Pokemon Go, jangan mencari Pokemon sambil mengemudi. Jangan kalau tiba-tiba ada Pokemon di pinggir jalan kemudian berhenti mendadak. Itu membahayakan diri sendiri dan pengendara lain,” ucapnya.

Awi menuturkan, meskipun hingga saat ini di Jakarta belum ada laporan mengenai kecelakaan karena sedang bermain game tersebut, ia tetap meminta masyarakat lebih mementingkan keselamatannya. (kbr)


Blog, Updated at: 10.41.00

0 komentar:

Posting Komentar