Ferrari LaFerrari, Kesempurnaan Supercar yang Tiada Duanya

Posted by

Supercar tiada duanya, kesempurnaan hanya untuk anda.

SB/MOBIL - Ferrari dikenal sebagai salah satu produsen mobil berperforma tinggi paling sukses di dunia, baik dari segi komersil maupun prestasinya di ajang balapan.

Di arena formula satu salah seorang pembalapnya yang paling terkenal adalah juara dunia tujuh kali dari Jerman, Michael Schumaker.

Perusahaan ini didirikan oleh Enzo Ferrari pada tahun 1929 yang bermarkas di Maranello, Italia. Tidak seperti Lamborghini yang mulanya membuat traktor maka Ferrari sejak awal memang khusus hanya membuat mobil-mobil super.

Secara rutin perusahaan ini mengeluarkan model-model khusus yang dimaksudkan sebagai flagship perusahaan. Mengakhiri model Enzo, sebagai mobil tercepat dan terganas, Ferrari merilis model terbaru yang diberi nama LaFerrari.

Baca juga: Lamborghini Centenario Supercar Tercepat dengan Harga nan Fantastis

Sejak tahun 2013 LaFerrari resmi menggantikan Ferrari Enzo sebagai penerus dan pembawa bendera perusahaan berlogo kuda yang sedang meronta di atas kedua kaki ini

Apa istimewanya? Ya, tentu saja setiap mobil Ferrari adalah istimewa termasuk LaFerrari. Disamping namanya yang unik, mobil ini dicanangkan akan jadi salah satu varian Ferrari paling legendaris.

Menurut Luca di Montizemolo, yang menjabat presiden direktur Ferrari hingga 2014 , alasan mengapa mobil terbaru ini diberi nama LaFerrari karena nama itu mencerminkan citra paling mutakhir dari perusahaan ini, yaitu ‘kesempurnaan’.

Jika dijejerkan beberapa Ferrari model flagship sejak pertama dicanangkan pada Ferrari 288 GTO, F40, F50 dan Enzo. Maka Ferrari LaFerrari adalah varian tercepat dengan teknologi paling maju.

Salah satunya adalah telah diterapkannya motor listrik yang memberi tambahan kekuatan 163 HP pada bongkah mesin bervolume 6.262 cc V12 berkekuatan 800 HP, sehingga total LaFerrari memiliki tenaga puncak sebesar 963 tenaga kuda.

Kecepatan akselerasinya dari 0 sampai 100 km/jam kurang dari 3 detik. 0 – 200 km/jam tidak sampai 7 detik dan ketika ditest di sirkuit Ferrari Fiorano, dalam satu lap mobil ini lebih cepat 20 detik dibanding Ferrari Enzo. Top speed mobil ini mencapai 350 km/jam.

Mengenai teknologi hybrid, rupanya Ferrari tertarik pada super atau hypercar bertenaga besar namun hemat bahan bakar sehingga mereka pun menerapkan teknologi mesin hibrida pada produk teranyarnya ini.

Selain teknologi mesin yang canggih, mobil ini juga memiliki rancang bangun dan distribusi bobot yang mengagumkan. Pusat gravitasi lebih rendah dari Enzo dengan pembagian berat begitu imbang antara depan dan belakang, rasio persentasenya mencapai 41:59.

Baca juga: Bugatti Chiron Maha Karya dengan Kekuatan 1.500 Tenaga Kuda

Hal ini memberikan pengendalian yang lebih mantap dibanding supercar mana pun yang pernah ada di dunia. Tentu saja, itu karena Ferrari telah melakukan riset bertahun-tahun untuk menciptakan LaFerrari.

Nah, bagaimana dengan desainnya secara keseluruhan? Tampilannnya tentu saja sangat luar biasa, cantik tidak alang kepalang dan tetap memiliki ciri khas Ferrari.

Secara sekilas tampak mobil ini memang penerus Ferrari Enzo. Bagian moncong didesain khas mobil balap F1 yang juga sudah diterapkan pada Enzo. Namun dibuat lebih halus untuk meminimalisir hambatan angin.

Mobil ini dinilai jauh lebih aerodinamis dibanding model-model pendahulunya. Dibagian buritan telah disematkan sayap aktif yang otomatis terangkat ketika mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Diffuse atau pembelah angin di bagian bawah sudah di-stel dengan prima dan ditest di terowongan angin yang digunakan untuk menguji aerodinamika mobil-mobil Formula 1 mereka.

Selain tiada duanya di dunia, setiap individu LaFerrari bakal dibuat sesuai selera pemesannya. Seperti bahan-bahan dan warna yang akan digunakan dalam interior.

Ukuran setir, pedal kaki, postur kursi semua akan disesuaikan dengan pemiliknya. Tampaknya Ferrari ingin anda mencapai kesempurnaan rasa… bahwa LaFerrari memang tercipta hanya untuk anda.

Baca juga: Bosan dengan Cerita Mobil Murah? Ini Dia 10 Mobil Termahal di Dunia

Dan demi mengoptimalkan kesempurnaan itu, pembalap F1 Fernando Alonso dan Felipe Massa dijadikan tester untuk ergonominya. Kemudian untuk menambah aura balap sejati dibuatlah dashboard yang berkesan serius dan dipenuhi beraneka tombol pengontrol.

Mobil ini dibuat dalam dua varian, coupe dan convertible. Ferrari mengatakan LaFerrari convertible (atap terbuka) yang dibuat dalam jumlah terbatas.

LaFerrari convertible
Sasis LaFerrari open-top telah dimodifikasi dan diberi tambahan agar memiliki kekakuan torsional sama dengan LaFerrari coupe. Aerodinamika mobil pun ditingkatkan lagi agar menghasilkan nilai hambatan angin sama dengan coupe.

Untuk versi open-top, Ferrari belum merilis nama resminya, ada yang menyebut namanya LaFerrari Spider dan hanya dibuat 150 unit dengan harga sedikit lebih mahal dari model coupe, sayangnya meskipun belum diproduksi tipe ini sudah habis dipesan.

Berapa harga si cantik sempurna yang diciptakan hanya untuk anda ini?

Mungkin karena Ferrari membuatnya cukup banyak, yaitu 499 unit maka mereka bisa sedikit ‘menekan harga’, cukup sediakan uang 22 milyar saja untuk dapat membawanya pulang. (kbr)


Blog, Updated at: 22.14.00

0 komentar:

Posting Komentar